RSS

Tugas Komvis…akhirnya selesai…!!!

01 May

KOMVIS = Komunikasi Visual…sebuah mata kuliah yang sebenarnya buat anak advertising (secara saya anak jurnal gitu), tapi karena SKS dah habis jadi harus lintas…karena dah punya bekal ngambil mata kuliah Semiotika Iklan, mangkanya milih KOMVIS aja…karena (sepertinya) gak beda2 amat sama Semiotik…dosennya pun gak kalah EDAN dengan Semiotik…

Kalo Semiotika Iklan dosennya Sumbo Tinarbuko, yang konon dosen killer dari ISI (Institut Seni Indonesia) yang terkenal ganas & kritis serta pembuat logo ulang tahun kota Jogja…(tapi selamet, bisa lulus dengan nilai A…hehehe)…nah kalo KOMVIS ini dosennya Pak Gogor Bangsa, beliau ini adalah anak dari pelukis terkenal Joko Pekik…

Pak Gogor ini ngajar KOMVIS sama KPK (Komputer Program Komunikasi), beliau juga ternyata (kalau gak salah) kaprodi’nya sebuah Akademi desain grafis di Jogja…di kuliah KOMVIS ini ternyata di akhir kuliah disuruh mbuat makalah yang isinya membahas tentang tema2 yang pernah dipelajari di perkuliahan…

lah, masalahnya saya gak begitu merhatiin apa2 aja yang jadi materi perkuliahan, sebenarnya cuma disuruh milih 1 tema aja, nah masalahnya lagi, 1 tema itu sangat2 pendek banget…

ketika disuruh bikin itu dah langsung muter otak mau buat tentang apa…entah kenapa kemudian yang terbesit di pikiran itu tentang cover album’nya Pink Floyd yang “The Dark Side of the Moon”…

langsung aja malam itu browsing tentang apa aja yang menyangkut TDSOTM…tapi menemui kebuntuan…kemudian teringat bahwa Saturday Night Rock Trijaya dengan Om Gatot pernah ngangkat tema ini…langsung aja nanya2, yang kemudian disuruh nanya ke Om Ijal…yang akhirnya diberi beberapa link tentang hal2 umum tentang TDSOTM…lumayan…thanks Om G and Om Ijal…

habis itu langsung deh nyari lagu2nya, lha mosok mau mbedah cover album tapi lagu’nya gak didengerin, ya lucu to ya…kan cover album itu merupakan representasi dalam tanda visual dari materi di dalamnya yang berbentuk audio…

akhirnya, setelah mendengarkan lagu’nya, kemudian membaca liriknya…UUUUUEEEEEEEEDIYAAAAAAAAAN…!!! ni album emang EDAAAAAAAAAAAAAAN…sebuah concept album yang KENTHIIIIIIIIIIIR (edan-red)…dan baru sadar kalo ndengerin lagu di album ini harus urut dan nyambung, karena kalo gak bakal hancur deh konsepnya…

tema2 yang diangkat di lagu2 ini terepresentasikan di covernya yang sangat minimalis namun menggambarkan berbagai hal yang tersembunyi…gila beneeeeeeeeeer!!*#(@!&(%&@*!%@!(_%&@#%^(@#*

sampai mumet saya dibuatnya, karena bingung bagaimana harus menuliskannya dalam bentuk tulisan…sebab kalo disuruh njelasin lisan mungkin lebih bisa daripada harus suruh nulis, gak tau harus mulai darimana dan gimana nyusunnya…

sampai akhirnya kelupaan terus mau mulai ngerjain & ngetik…ditambah lagi tiba2 monitor PC konslet dan mati dengan suksesnya, padahal seminggu lagi makalah dikumpul…akhirnya berusaha nyari pinjaman monitor temen yang gak kepake…akhirnya dapet punyanya Kris…

tapi tetep aja ngerjainnya pas Hari H…makalah harus dikumpul hari Rabu 30 April 2008 (yang waktu itu ngiranya bisa ngumpul sampe jam 6’an sore di TU kampus)…tapi tugas baru mulai saya ketik jam 11 siang…hahaha,,,opo tumon??? lha inilah kebiasaan buruk kami para kelelawar…gak bisa mikir kalo gak kepepet… (indonesia bgt yak :p)

karena penasaran, nanya Ricky jam berapa batas ngumpul…dan ternyata………….jam 5 Pak Gogor udah selesai ngajar! aseeeeeeeeeeeemmmm…saya pikir jam 5 itu baru mau kuliah yang kelas A (karena saya kuliah kelas B hari Kamis), akhirnya ngebut ngerjainnya…semua konsep jadi agak2 lupa..cuma konsep dasar aja bahwa cover itu tentang kehidupan, kematian, kemarahan, dan konflik2 yang ada…terus akhirnya sambil mengarang indah dan berpuisi, selesai juga pekerjaan itu meski sudah jam 4 sore…

tapi karena harus ngeprint warna di luar, akhirnya jam 5 baru nyampe kampus…dan ternyata tugas2nya sudah dibawa pulang Pak Gogor😦

makalah ini bakal dipilih menjadi 2 terbaik, 2 orang tersebut akan langsung mendapat nilai A tanpa harus ikut ujian akhir, makanya saya berniat tetep ngumpul ini makalah…langsung deh tanya sana-sini nomernya Pak Gogor dan alamat rumahnya…

setelah sms beliau boleh tidak ngumpul di rumahnya, dan ternyata boleh, langsung aja tancap gas ke Perumahan Pelem Sewu di Jalan Parangtritis…jauuuuuh…tapi untung dulu dah sering kesitu, karena ada 2 orang temen lama yang rumahnya disitu juga…sampai di sana beliau hampir aja pergi…tapi untung masih sempet ngasih…

yah…semoga aja makalah itu bisa menjadi yang terbaik, meskipun ngumpulnya telat…karena saya yakin kalau gak ada yang kasusnya sama dengan makalah itu, yaitu menganalisis cover album…kemudian penjabarannya juga menggunakan sedikit metode semiotika iklan yang diajarkan Pak Sumbo…sehingga tidak hanya 1 tema aja yang saya angkat disitu, tapi berbagai macam tema…mulai dari makna warna, simbolisasi gambar, makna yang tersembunyi, dll…pokoke banyaaaaaaaak…sampai 12 halaman lebih…

AMIIIIIIN…

 
4 Comments

Posted by on May 1, 2008 in music, review

 

Tags: , , , , , , ,

4 responses to “Tugas Komvis…akhirnya selesai…!!!

  1. SeNja

    January 5, 2009 at 4:55 pm

    saya senja nih..
    dari USU medan
    Eh bang, saya baru mo neliti tentang Semiotika komunikasi di bidang iklan
    suka banget ma tema itu
    tapi saya masih awam, trus masih kurang referinsi

    bantuin ya, situs apa taw buku apa yang bisa bantu saya..

    Makasih ya

     
  2. Surya

    January 5, 2009 at 8:37 pm

    @ Senja…
    hmm, saya malah basic’nya bukan advertising, jadi gak begitu tau ttg Semiotik…
    tapi mgkn bisa baca buku Pengantar Semiotiknya Alex Sobur, Semiotik Visual KRis Budiman, Semiotika Komunikasi Visualnya Sumbo Tinarbuko…adalagi buku ttg analisis semiotik iklan sabun, tapi aku lupa judul&pengarangnya…
    atua mgkn bisa dimulai dari basicnya, dari teori2 Roland Barthez, Saussure, Umberto Eco, dkk…
    mgkn segitu dulu🙂

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: