RSS

good bye Pappilon…

20 Mar

udah hampir 4 tahun kuliah di FISIP UAJY…

udah hampir 4 tahun juga mengenal Pak Yohannes Pappilon H. Manurung…

salah satu dosen di FISIP, yang terkenal karena jago semiotik & filsafat juga…

pertama ngeliat, kayaknya kok baru aja lulus S1 gitu orangnya…ternyata dah lumayan berumur…dari fisik sih (sorry ya Pak) gendut gede tinggi gitu…tapi kalo diajak ngobrol…wuiihhhh…ternyata pengetahuannya juga segede dan setinggi badannya…hehehe

tapi baru akrab dengan beliau ini pas masuk AJR dan jadi asisten LAB AVI, karena kebetulan beliau adalah Kepala LAB AVI…kita sering2 ngobrol dan ada hal unik yang saya temui dari bapak 2 anak ini, tiap kali dateng ke Lab dan beliau sudah ada di ruangannya, pasti akan terdengar musik dari Iron Maiden, Helloween, Van Halen, Whitesnake, bahkan Earth WInd & Fire atau Level 42…kereeeeeeeeeeeeeeeen…begitulah pendapatku ketika melihatnya menikmati musik2 tadi…tidak disangka akhirnya saya “menemukan” orang yang “sealiran”…

langsung tanpa basa-basi sayaajak ngobrol beliau ini…karena lagu Iron Maiden yang diputar adalah lagu-lagu lama (The Tropper, Run To The Hills, dkk) langsung aja saya tanya, “dah denger album baru’nya IrMa (Iron Maiden) belum Pak???” , “wah belom tuh, ada yg baru to? mbok aku minta sini!!!”…akhirnya saya kasih album dari A Matter Of Life And Death, lagu For The Greater Good Of God…

e…e…ee…lha kok habis itu beliau “ketagihan”…tiap kali liat saya di AJR (Atma Jaya Radio), pasti nanya, “ada lagu baru apa ni??? mbok aku minta”…terakhir saya ngasih lagu Van Halen – It’s About Time…

ada juga pengalaman unik, ketika mengambil mata kuliah Metode Penelitian Kualitatif (MPK II), saya telat ngumpul tugas ujian mid karena TU dah tutup duluan, akhirnya saya susulkan di mejanya…namun ternyata tidak terbaca oleh beliau karena mejanya yg cukup berantakan dengan skripsi…akhirnya mendaratlah nilai C- dan tidak lulus! akhirnya setelah konfirmasi nilainya ke beliau, bisa diganti! akhirnya lulus…hehehe…thanks Pak…

setelah tidak menjadi asisten lagi, saya jarang ketemu beliau, hanya sesekali saja…beliau ini juga menyukai band Tower of Power dan SAGA, malah sempat minta tolong buat dicariin albumnya, karena udah susah dicari, dan saya sering cerita kalau pernah pesen CD yang susah dicari lewat Om Setmuh (i-rock)…saya juga ngajak beliau untuk gabung di i-rock sebenarnya, namun mungkin karena kesibukannya akhirnya tidak sempat…SAGA sempat saya tanyain ke Om Setmuh dan ada, namun Pak Pappi lagi bokek…hehehe…

akhirnya yang TERAKHIR…dikabarin bahwa Whitesnake bakal rilis album tanggal 22 April dan bisa pre-order dulu…wah, langsung kepikiran buat nawarin Pak Pappi…namun…ketika kucari-cari, gak pernah ketemu dengan beliau di kampus…

lalu tadi pagi (20 Maret 2008) jam 09.00 WIB…dapet sms dari Metta kalau Pak Pappilon MENINGGAL DUNIA…karena kondisi belum tidur semalaman & setengah sadar, saya gak percaya, tapi beberapa saat kemudian sms lain masuk memberitahu dan Wiwid menelepon…sampai saat itu masih gak percaya kalau beliau telah meninggal dunia…

langsung ingatanku kembali ke masa-masa lalu…padahal baru malam minggu kemarin kami (dengan Seto & Tembel) membicarakan mengenai Pak Pappilon, bagaimana kisah & kesan-kesan kami terhadap beliau, mulai dari kami mengenalnya hingga saat ini…ketika layat tadi siang kami juga membicarakan mengenai perbincangan malam itu…

kemudian ternyata ada kabar yang lebih heboh lagi, ketika mau memberi kuliah, beliau masuk kelas dan ketika masuk lantai keramiknya tiba2 retak seperti kena gempa,,,tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi waktu itu…entahlah…kami hanya bisa termenung memikirkannya…

beliau meninggal karena stroke, kemudian (kalau tidak salah) pembuluh darah di kepalanya pecah…padahal saya masih membawa bukunya yaitu, Popular Music & Communication…menyesal tidak bisa menemuinya ketika berusaha mencarinya waktu itu, hanya untuk memberitahu bahwa Whitesnake mengeluarkan album baru dan apakah beliau mau pre-order dulu…

sayang, sekarang beliau tidak punya kesempatan untuk mendengarkannya…namun entahlah, siapa tahu “disana” beliau bisa mendengarkannya…

sebelum mengetahui bahwa beliau meninggal, saya sebenarnya sudah mendapatkan bocoran lagu dari Whitesnake…dan ada beberapa lagu yg saya sukai yaitu All I Want All I Need dan Summer Rain…kedua lagu ini cukup mellow sebenarnya…setipe dengan Is This Love…namun merasa sedikit janggal dengan lagu Summer Rain, pertama karena judulnya, Summer tapi hujan? aneh ya…lalu nuansa lagunya juga cukup sedih menurutku…walaupun kalau dari liriknya sebenarnya sesuatu untuk membangkitkan semangat…

akhirnya…saya dedikasikan lagu ini untuk’mu Pak Pappillon…kepergianmu bagaikan hujan di musim panas, yang mengagetkan…namun semoga keluarga yang ditinggalkan mendapat ketabahan seperti memperoleh kesejukan karena mendapat hujan di panasnya musim kemarau…

bye-bye Pak Pappilon…saya bakal kehilangan teman ngobrol tentang musik Rock…!!!

Summer Rain

by : Whitesnake

Lately I’ve been thinkin’
Even thou’ I’m miles away
I can feel your love around me
You’re with me everyday
And of all the roads i’ve traveled
And all that i’ve been through
No matter where life takes me
Never far from you

You warm me like a morning sun
With you my life is just begun

Love comes over me, falling like summer rain
like summer rain
Pour your love on me, feeling like summer rain
like summer rain

I traveled each and every highway
With you in my heart
And all the gold and silver
Can’t keep us apart

You warm me like a morning sun
With you my life is just begun

Love comes over me, falling like summer rain
like summer rain
Pour your love on me, feeling like summer rain
like summer rain

You warm me like a morning sun
Baby you’re the only one

Love comes over me, falling like summer rain
like summer rain
Pour your love on me, feeling like summer rain
like summer rain

Love comes over me, falling like summer rain
like summer rain
Pour your love on me, feeling like summer rain
like summer rain

Love comes over me, like summer rain
Love comes over me, like summer rain
Love comes over me, like summer rain
Love comes over me, like summer rain

Lagunya kayak gini :

 
4 Comments

Posted by on March 20, 2008 in memory

 

Tags: , , , , , , , , , ,

4 responses to “good bye Pappilon…

  1. cheetha

    March 24, 2008 at 12:42 am

    hm,,,
    aqw ngerti bgt tuh rasa kehilangan yg km rasain. bbrp bulan yg lalu aqw juga kilangan seseorang yg berarti bwt aqw. dia juga tb2 ninggalin dunia ini, ninggalin keluarga n temen2nya gt aja.
    aqw sempet nyesel krn aqw g ada di deketnya di saat2 trakher hidupnya. apalagi stelah tahu dr pihak keluarga klo pas dia lg sekarat (coz dia gi sakit pas itu) dia manggil2 aqw. hixz,,,
    tp aqw yakin klo dia udah nemuin tempat terbaek di surga sana. kata orang good guys die first coz the Lord also loves them n wants them to be with Him too. mungkin Tuhan juga sayang bgt ma pak Pappillon sehingga dia dipanggil duluan.

    btw,,,lirik lagunya emang sedih…

     
  2. soerja

    March 24, 2008 at 3:07 pm

    bener bgt…karena sebelum meninggal beliau kayak udah “pamitan” sama beberapa orang dgn cara yg tidak masuk akal…sbagian aku tulis kok “cara2 pamitannya” kayak postingan yg paling atas…

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: